KEKUASAAN KEHAKIMAN DI INDONESIA
KEKUASAAN KEHAKIMAN DI INDONESIA
Kekuasaan kehakiman di Indonesia mengalami
perubahan yang sangat mendasar sejak Masa Reformasi, diawali dengan adanya TAP
MPR RI Nomor X/MPR/1999 tentang Pokok-Pokok Reformasi Pembangunan dalam Rangka
Penyelamatan dan Normalisasi Kehidupan Nasional sebagai Haluan Negara menuntut
adanya pemisahan yang tegas antara fungsi-fungsi judikatif dan eksekutif.
Sejak adanya TAP MPR
tersebut, peraturan yang mengatur tentang kekuasaan kehakiman yaitu
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1970 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kekuasaan
Kehakiman diubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 1999 tentang Perubahan
atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1970 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok
Kekuasaan Kehakiman.
Perubahan pokok dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 1999 tentang
Perubahan atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1970 tentang Ketentuan-ketentuan
Pokok Kekuasaan Kehakiman hanya mengenai penghapusan campur tangan kekuasaan
eksekutif terhadap kekuasaan kehakiman (judikatif). Perubahan penting dalam kekuasaan
kehakiman adalah segala urusan organisasi, administrasi dan finansial Mahkamah
Agung dan badan peradilan yang ada di bawahnya berada di bawah kekuasaan
Mahkamah Agung yang sebelumnya, secara organisatoris, administrasi dan
finansial badan peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung berada di bawah
departemen.
Selanjutnya Kekuasaan Kehakiman di Indonesia mengalami perkembangan
dan perubahan dengan adanya Amandemen Undang-Undang Dasar 1945 menjadi
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah mengubah sistem
penyelenggaraan negara di bidang judikatif atau kekuasaan kehakiman sebagaimana
termuat dalam BAB IX tentang KEKUASAAN KEHAKIMAN Pasal 24, Pasal 24A, Pasal
24B, Pasal 24C dan Pasal 25.
Berdasarkan
pasal-pasal tersebut, Kekuasaan Kehakiman yang semula dilakukan oleh Pengadilan
dalam lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Militer dan
Peradilan Tata Usaha Negara dengan Mahkamah Agung sebagai pengadilan tertinggi
kemudian berubah menjadi kekuasaan kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah
Agung dan badan peradilan di bawahnya dalam lingkungan Peradilan Umum,
lingkungan Peradilan Agama, lingkungan Peradilan Militer, lingkungan Peradilan
Tata Usaha Negara, dan oleh sebuah pelaksana kekuasaan kehakiman baru yang
disebut Mahkamah Konstitusi.
Dengan adanya
perubahan tersebut, akhirnya undang-undang yang mengatur tentang kekuasaan
kehakiman di Indonesia mengalami perubahan pula karena harus disesuaikan dengan
Undang-Undang Dasar sebagai peraturan yang lebih tinggi agar peraturan yang
tingkatnya lebih rendah tidak bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi.
Kekuasaan kehakiman yang semula diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1970
tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman dirubah dengan
diundangkannya Undang-Undang Nomor 35 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1970 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kekuasaan
Kehakiman, kemudian diganti dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2004 tentang
Kekuasaan Kehakiman dan karena Undang-Undang ini sudah tidak sesuai lagi dengan
perkembangan kebutuhan hukum dan ketatanegaraan menurut Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 maka diganti dengan Undang-Undang Nomor 48
Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman.
Kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan negara yang merdeka untuk
menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan
Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 demi
terselenggaranya Negara Hukum Republik Indonesia.
Kekuasaan kehakiman di Indonesia dilaksanakan oleh sebuah Mahkamah
Agung dan badan peradilan yang di bawahnya dalam lingkungan Peradilan Umum,
lingkungan Peradilan Agama, lingkungan Peradilan Militer, lingkungan Peradilan
Tata Usaha Negara dan oleh sebuah Mahkamah Konstitusi.
Masing-masing
peradilan sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman diatur dengan peraturan
perundang-undangan sebagaimana terurai di bawah ini.
A. Mahkamah Agung
dan Lembaga Peradilan di Bawahnya
Peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang Mahkamah Agung
dan badan peradilan yang berada di bawahnya adalah sebagai berikut.
– Undang-Undang
Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung dirubah menjadi Undang-Undang Nomor
5 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1985 tentang
Mahkamah Agung dan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua
atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung;
– Undang-Undang
Nomor 2 Tahun 1986 tentang Peradilan Umum dirubah menjadi Undang-Undang Nomor 8
Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1986 tentang
Peradilan Umum dan Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua
atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1986 tentang Peradilan Umum;
– Undang-Undang
Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara dirubah menjadi
Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 5
Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara dan Undang-Undang Nomor 51 Tahun
2009 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang
Peradilan Tata Usaha Negara;
– Undang-Undang
Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama dirubah menjadi Undang-Undang Nomor
3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang
Peradilan Agama dan Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua
atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama;
– Undang-Undang
Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer.
1. Mahkamah Agung
Mahkamah Agung merupakan salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman
di Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 Pasal 24 ayat (2 )dan pasal 24A ayat (1) dan Undang-Undang
Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman serta Undang-Undang Nomor 14
Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung sebagaimana telah dirubah dengan
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 14
Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung dan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2009 tentang
Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung.
Dalam undang-undang
ini mengatur tentang kedudukan, susunan, kekuasaan, hukum acara yang berlaku
pada pemeriksaan perkara di Mahkamah Agung. Mahkamah Agung berkedudukan di
ibukota negara Republik Indonesia.
Kewenangan Mahkamah
Agung adalah:
a. Mahkamah Agung bertugas dan berwenang memeriksa dan memutus:
– permohonan kasasi;
– sengketa tentang kewenangan mengadili;
– permohonan peninjauan kembali.
a. Mahkamah Agung bertugas dan berwenang memeriksa dan memutus:
– permohonan kasasi;
– sengketa tentang kewenangan mengadili;
– permohonan peninjauan kembali.
b. Menguji peraturan
perundang-undangan yang di bawah undang-undang terhadap undang-undang.
c. kewenangan
lainnya yang diberikan oleh undang-undang.
Terdapat pengecualian dalam pengajuan permohonan kasasi, ada perkara-perkara tertentu yang tidak dapat diajukan permohonan kasasi, perkara tersebut adalah:
Terdapat pengecualian dalam pengajuan permohonan kasasi, ada perkara-perkara tertentu yang tidak dapat diajukan permohonan kasasi, perkara tersebut adalah:
– putusan
praperadilan;
– perkara pidana yang diancam dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau diancam pidana denda;
– perkara tata usaha negara yang objek gugatannya berupa keputusan pejabat daerah yang jangkauan keputusannya berlaku di wilayah daerah yang bersangkutan.
– perkara pidana yang diancam dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau diancam pidana denda;
– perkara tata usaha negara yang objek gugatannya berupa keputusan pejabat daerah yang jangkauan keputusannya berlaku di wilayah daerah yang bersangkutan.
Mahkamah Agung
berwenang juga:
– melakukan pengawasan tertinggi terhadap penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan peradilan yang berada di bawahnya dalam menjalankan kekuasaan kehakiman;
– melakukan pengawasan tertinggi terhadap penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan peradilan yang berada di bawahnya dalam menjalankan kekuasaan kehakiman;
– melakukan
pengawasan organisasi, administrasi badan peradilan yang ada di bawahnya;
– meminta keterangan
tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknis peradilan dari semua badan yang
berada di bawahnya;
– memberi petunjuk, teguran, atau peringatan kepada pengadilan di semua badan yang berada di bawahnya;
– memberi petunjuk, teguran, atau peringatan kepada pengadilan di semua badan yang berada di bawahnya;
– memberikan
pertimbangan hukum kepada presiden dalam permohonan grasi dan rehabilitasi;
– dapat memberi
keterangan, pertimbangan, dan nasihat masalah hukum kepada lembaga negara dan
lembaga pemerintahan.
Dalam melaksanakan kekuasaan kehakiman, Mahkamah Agung merupakan pengadilan tertinggi dari semua lingkungan peradilan. Segala urusan organisasi, administrasi, dan finansial Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya berada di bawah kekuasaan Mahkamah Agung.
Dalam melaksanakan kekuasaan kehakiman, Mahkamah Agung merupakan pengadilan tertinggi dari semua lingkungan peradilan. Segala urusan organisasi, administrasi, dan finansial Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya berada di bawah kekuasaan Mahkamah Agung.
2. Peradilan Umum
Peradilan Umum diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1986
tentang Peradilan Umum sebagaimana telah dirubah dengan Undang-Undang Nomor 8
Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1986 tentang
Peradilan Umum dan dengan Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2009 tentang Perubahan
Kedua atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1986 tentang Peradilan Umum. Dalam
undang-undang ini diatur susunan, kekuasaan, dan kedudukan hakim serta tata
kerja administrasi pada Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi.
Kekuasaan kehakiman
di lingkungan Peradilan Umum dilaksanakan oleh:
– Pengadilan Negeri;
– Pengadilan Tinggi.
– Pengadilan Negeri;
– Pengadilan Tinggi.
Pengadilan Negeri berkedudukan di di ibukota kabupaten/kota dan
daerah hukumnya meliputi wilayah kabupaten/kota. Pengadilan Tinggi berkedudukan
di ibukota propinsi dan daerah hukumnya meliputi wilayah propinsi. Pengadilan
Negeri merupakan Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tinggi merupakan
Pengadilan Tingkat Banding, Peradilan umum sebagai pelaksana kekuasaan
kehakiman berpuncak ke Mahkamah Agung.
Pengadilan Tinggi merupakan Pengadilan Tingkat Banding yang
memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara yang diputus oleh
Pengadilan Negeri dan merupakan Pengadilan Tingkat Pertama dan Terakhir
mengenai sengketa kewenangan mengadili antar Pengadilan Negeri di daerah
hukumnya.
Kekuasaan dan
kewenangan mengadili Pengadilan Negeri adalah memeriksa, memutus, dan
menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama bagi rakyat
pencari keadilan pada umumnya kecuali undang-undang menentukan lain.
Pada lingkungan Peradilan Umum dapat dibentuk pengkhususan pengadilan
yang diatur dalam undang-undang sebagaimana tercantum dalam pasal 8
Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 2
Tahun 1986 tentang Peradilan Umum. Pengadilan khusus pada lingkungan Peradilan
Umum antara lain Pengadilan Anak, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Pengadilan
Niaga, Pengadilan Perikanan dan Pengadilan Hak Asasi Manusia.
3. Peradilan Agama
Peradilan Agama diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989
tentang Peradilan Agama sebagaimana telah dirubah dengan Undang-Undang Nomor 3
Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang
Peradilan Agama Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua atas
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama. Peradilan Agama adalah
salah satu pelaku kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan yang
beragama Islam mengenai perkara tertentu sebagaimana dimaksud undang-undang .
Dalam undang-undang
ini diatur susunan, kekuasaan, hukum acara, dan kedudukan hakim serta segi-segi
administrasi pada Pengadilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama.
Kekuasaan kehakiman
di lingkungan Peradilan Agama dilaksanakan oleh:
– Pengadilan Agama;
– Pengadilan Tinggi Agama.
– Pengadilan Agama;
– Pengadilan Tinggi Agama.
Pengadilan Agama berkedudukan di ibukota kabupaten/kota dan daerah
hukumnya meliputi wilayah kabupaten/kota. Pegadilan Tinggi Agama berkedudukan
di ibukota propinsi dan daerah hukumnya meliputi wilayah propinsi tetapi tidak
menutup kemungkinan adanya pengecualian. Pengadilan Agama merupakan Pengadilan
Tingkat Pertama dan Pengadilan Tinggi Agama merupakan Pengadilan Tingkat
Banding. Peradilan Agama sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman berpuncak ke
Mahkamah Agung.
Peradilan Agama berwenang memeriksa, mengadili, memutus, dan
menyelesaikan perkara antara orang-orang yang beragama Islam sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan. Yang dimaksud “antara orang yang
beragama Islam ” adalah orang atau badan hukum yang dengan sendirinya
menundukkan diri dengan suka rela kepada hukum Islam mengenai hal-hal yang
menjadi kewenangan Peradilan Agama.
Kewenangan
Pengadilan Agama sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006
tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan
Agama, yaitu:
a. perkawinan;
b. waris;
c. wasiat;
d. hibah;
e. wakaf;
f. zakat;
g. infak;
h. sodaqoh;
i. ekonomi syari’ah.
a. perkawinan;
b. waris;
c. wasiat;
d. hibah;
e. wakaf;
f. zakat;
g. infak;
h. sodaqoh;
i. ekonomi syari’ah.
Pengadilan Tinggi Agama merupakan Pengadilan Tingkat Banding yang
memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara yang diputus oleh
Pengadilan Agama dan merupakan Pengadilan Tingkat Pertama dan Terakhir mengenai
sengketa kewenangan mengadili antar Pengadilan Agama di daerah hukumnya.
Pada lingkungan
Peradilan Agama dapat dibentuk pengkhususan pengadilan yang diatur dalam
undang-undang sebagaimana tercantum dalam pasal 3A Undang-Undang Nomor 50 Tahun
2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan
Agama. Peradilan Syari’ah Islam di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam merupakan
peradilan khusus dalam lingkungan Peradilan Agama dan merupakan peradilan
khusus dalam lingkungan Peradilan Umum sepanjang kewenangannya menyangkut
kewenangan Peradilan Umum. Pengadilan Arbitrasi Syari’ah termasuk Pengadilan
khusus dalam lingkungan Peradilan Agama.
Pengadilan syari’ah
Islam di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam diatur dengan Undang-Undang Mahkamah
Syar’iyah di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang dibentuk berdasarkan
Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Propinsi Daerah
Aceh sebagai Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Berdasarkan Keputusan Presiden Republik
Indonesia Nomor 11 Tahun 2003 Pengadilan Agama di Propinsi Nanggroe Aceh
Darussalam berubah menjadi Mahkamah Syar’iyah dan Pengadilan Tinggi Agama
berubah menjadi Mahkamah Syar’iyah Propinsi.
Dalam Undang-Undang
Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, Peradilan khusus dalam
lingkungan Peradilan Agama diatur dalam BAB XVIII tentang MAHKAMAH SYAR’IYAH
Pasal 128 – Pasal 137. Pengadilan yang melaksanakan kekuasaan kehakiman di
lingkungan Peradilan Agama di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam di adalah:
– Mahkamah Syar’iyah (Tingkat Pertama);
– Mahkamah Syar’iyah Aceh (Tingkat Banding);
– Mahkamah Agung (Tingkat Kasasi).
– Mahkamah Syar’iyah (Tingkat Pertama);
– Mahkamah Syar’iyah Aceh (Tingkat Banding);
– Mahkamah Agung (Tingkat Kasasi).
Kewenangan Mahkamah
Syar’iyah adalah memeriksa, mengadili dan memutuskan perkara-perkara:
– ahwal syahsiyah (hukum keluarga);
– muamalah (hukum perdata);
– jinayah (hukum Pidana) yang didasarkan atas syari’at Islam dan akan diatur dalam Qonun Aceh.
– ahwal syahsiyah (hukum keluarga);
– muamalah (hukum perdata);
– jinayah (hukum Pidana) yang didasarkan atas syari’at Islam dan akan diatur dalam Qonun Aceh.
4. Peradilan Militer
Peradilan Militer diatur dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997
tentang Peradilan Militer. Dalam undang-undang ini diatur tentang ketentuan-ketentuan
umum, susunan pengadilan, kekuasaan oditurat, hukum acara Pidana Militer, hukum
acara Tata Usaha Militer, dan ketentuan-ketentuan lain.
Peradilan Militer
merupakan peradilan khusus bagi prajurit Angkatan Bersenjata Republik
Indonesia. Prajurit adalah warga negara yang memenuhi persyaratan yang
ditentukan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan dan diangkat oleh
pejabat yang berwenang untuk mengabdikan diri dalam usaha pembelaan negara
dengan menyandang senjata, rela berkorban jiwa raga, dan berperan serta dalam
pembangunan nasional serta tunduk kepada hukum militer.
Pengadilan di lingkungan Peradilan militer sebagai pelaksana
kekuasaan kehakiman di Indonesia meliputi Pengadilan Militer, Pengadilan
Militer Tinggi, Pengadilan Militer Utama, dan Pengadilan Militer Pertempuran.
Pengadilan dalam lingkungan peradilan militer merupakan badan pelaksana kekuasaan kehakiman di lingkungan Angkatan Bersenjata yang berpuncak pada Mahkamah Agung sebagai Pengadilan Tertinggi.
Pengadilan dalam lingkungan peradilan militer merupakan badan pelaksana kekuasaan kehakiman di lingkungan Angkatan Bersenjata yang berpuncak pada Mahkamah Agung sebagai Pengadilan Tertinggi.
Kewenangan Peradilan Militer adalah memeriksa, mengadili, dan
memutus perkara tindak pidana militer sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan. Kewenangan Peradilan Militer adalah sebagai berikut.
1. Mengadili tindak
pidana yang dilakukan oleh seseorang yang pada waktu melakukan tindak pidana
adalah:
a. Prajurit;
b. yang berdasarkan undang-undang dipersamakan dengan Prajurit;
c. anggota suatu golongan atau jawatan atau badan atau yang dipersamakan atau dianggap sebagai Prajurit berdasarkan undang-undang;
d. seseorang yang tidak masuk golongan pada huruf a, huruf b, dan huruf c tetapi atas keputusan Panglima dengan persetujuan Menteri Kehakiman harus diadili oleh suatu Pengadilan dalam lingkungan peradilan militer.
a. Prajurit;
b. yang berdasarkan undang-undang dipersamakan dengan Prajurit;
c. anggota suatu golongan atau jawatan atau badan atau yang dipersamakan atau dianggap sebagai Prajurit berdasarkan undang-undang;
d. seseorang yang tidak masuk golongan pada huruf a, huruf b, dan huruf c tetapi atas keputusan Panglima dengan persetujuan Menteri Kehakiman harus diadili oleh suatu Pengadilan dalam lingkungan peradilan militer.
2. Memeriksa,
memutus, dan menyelesaikan sengketa Tata Usaha Angkatan Bersenjata.
3. Menggabungkan
perkara gugatan ganti rugi dalam perkara pidana yang bersangkutan atas
permintaan dari pihak yang dirugikan sebagai akibat yang ditimbulkan oleh
tindak pidana yang menjadi dasar dakwaan, dan sekaligus memutus kedua perkara
tersebut dalam satu putusan.
Pengadilan dalam
lingkungan peradilan militer terdiri dari:
a. Pengadilan Militer;
b. Pengadilan Militer Tinggi;
c. Pengadilan Militer Utama; dan
d. Pengadilan Militer Pertempuran.
a. Pengadilan Militer;
b. Pengadilan Militer Tinggi;
c. Pengadilan Militer Utama; dan
d. Pengadilan Militer Pertempuran.
Tempat kedudukan Pengadilan Militer Utama berada di Ibukota Negara
Republik Indonesia yang daerah hukumnya meliputi seluruh wilayah Negara
Republik Indonesia. Untuk pengadilan lainnya ditetapkan dengan Keputusan
Panglima. Apabila perlu Pengadilan Militer dan Pengadilan
Militer Tinggi dapat bersidang di luar tempat kedudukannya. Pengadilan Militer
dan Pengadilan Militer Tinggi dapat bersidang di luar daerah hukumnya atas izin
Kepala Pengadilan Militer Utama.
Pengadilan Militer
memeriksa dan memutus pada tingkat pertama perkara pidana yang terdakwanya
adalah:
a. prajurit yang berpangkat Kapten ke bawah;
b. mereka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 angka 1 huruf b dan huruf c yang Terdakwanya “termasuk tingkat kepangkatan” Kapten ke bawah; dan
c. mereka yang berdasarkan Pasal 9 angka 1 huruf d harus diadili oleh Pengadilan Militer.
a. prajurit yang berpangkat Kapten ke bawah;
b. mereka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 angka 1 huruf b dan huruf c yang Terdakwanya “termasuk tingkat kepangkatan” Kapten ke bawah; dan
c. mereka yang berdasarkan Pasal 9 angka 1 huruf d harus diadili oleh Pengadilan Militer.
Kekuasaan Pengadilan
Militer Tinggi adalah sebagai berikut.
Pada tingkat pertama:
a. memeriksa dan memutus perkara pidana yang terdakwanya adalah:
1) Prajurit atau salah satu prajuritnya berpangkat Mayor ke atas;
2) mereka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 angka 1 huruf b dan huruf c yang terdakwanya atau salah satu terdakwanya “termasuk tingkat kepangkatan” mayor ke atas; dan
3) mereka yang berdasarkan Pasal 9 angka 1 huruf d harus diadili oleh Pengadilan Militer Tinggi;
b. memeriksa, memutus, dan menyelesaikan sengketa Tata Usaha Angkatan Bersenjata.
Pada tingkat pertama:
a. memeriksa dan memutus perkara pidana yang terdakwanya adalah:
1) Prajurit atau salah satu prajuritnya berpangkat Mayor ke atas;
2) mereka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 angka 1 huruf b dan huruf c yang terdakwanya atau salah satu terdakwanya “termasuk tingkat kepangkatan” mayor ke atas; dan
3) mereka yang berdasarkan Pasal 9 angka 1 huruf d harus diadili oleh Pengadilan Militer Tinggi;
b. memeriksa, memutus, dan menyelesaikan sengketa Tata Usaha Angkatan Bersenjata.
Pada tingkat
banding:
memeriksa dan memutus perkara pidana yang telah diputus oleh Pengadilan Militer dalam daerah hukumnya yang dimintakan banding;
Pada tingkat pertama dan terakhir:
memeriksa dan memutus sengketa kewenangan mengadili antara Pengadilan Militer dalam daerah hukumnya.
Kekuasaan Pengadilan Militer Utama memeriksa dan memutus pada tingkat banding perkara pidana dan sengketa Tata Usaha Angkatan Bersenjata yang telah diputus oleh Pengadilan Militer Tinggi sebagai pengadilan tingkat pertama yang dimintakan banding.
memeriksa dan memutus perkara pidana yang telah diputus oleh Pengadilan Militer dalam daerah hukumnya yang dimintakan banding;
Pada tingkat pertama dan terakhir:
memeriksa dan memutus sengketa kewenangan mengadili antara Pengadilan Militer dalam daerah hukumnya.
Kekuasaan Pengadilan Militer Utama memeriksa dan memutus pada tingkat banding perkara pidana dan sengketa Tata Usaha Angkatan Bersenjata yang telah diputus oleh Pengadilan Militer Tinggi sebagai pengadilan tingkat pertama yang dimintakan banding.
Pengadilan Militer
Utama memutus pada tingkat pertama dan terakhir semua sengketa tentang wewenang
mengadili:
a. antar Pengadilan Militer yang berkedudukan di daerah hukum Pengadilan Militer Tinggi yang berlainan;
b. antar Pengadilan Militer Tinggi; dan
c. antara Pengadilan Militer Tinggi dan Pengadilan Militer.
a. antar Pengadilan Militer yang berkedudukan di daerah hukum Pengadilan Militer Tinggi yang berlainan;
b. antar Pengadilan Militer Tinggi; dan
c. antara Pengadilan Militer Tinggi dan Pengadilan Militer.
Pengadilan Militer
Utama memutus pada tingkat pertama dan terakhir perbedaan perbedaan pendapat
antara Perwira Penyerah Perkara dengan Oditur tentang diselesaikannya suatu
perkara di luar Pengadilan atau diselesaikan di Pengadilan di lingkungan
Peradilan Umum atau di Pengadilan di lingkungan Peradilan Militer.
Pengadilan Militer
Utama melakukan pengawasan terhadap:
a. penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan Pengadilan Militer, Pengadilan Militer Tinggi, dan Pengadilan Militer Pertempuran di daerah hukumnya masing-masing;
b. tingkah laku dan perbuatan Hakim dalam menjalankan tugasnya.
a. penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan Pengadilan Militer, Pengadilan Militer Tinggi, dan Pengadilan Militer Pertempuran di daerah hukumnya masing-masing;
b. tingkah laku dan perbuatan Hakim dalam menjalankan tugasnya.
Pengadilan Militer Utama berwenang untuk meminta keterangan tentang
hal-hal yang bersangkutan dengan teknis peradilan dari Pengadilan Militer,
Pengadilan Militer Tinggi, dan Pengadilan Militer Pertempuran.
Pengadilan Militer
Utama memberi petunjuk, teguran, atau peringatan yang dipandang perlu kepada
Pengadilan Militer, Pengadilan Militer Tinggi, dan Pengadilan Militer
Pertempuran.
Pengadilan Militer
Utama meneruskan perkara yang dimohonkan kasasi, peninjauan kembali, dan grasi
kepada Mahkamah Agung.
Kekuasaan Pengadilan Militer Pertempuran memeriksa dan memutus pada tingkat pertama dan terakhir perkara pidana yang dilakukan oleh mereka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 angka 1 di daerah pertempuran. Pengadilan Militer Pertempuran bersifat mobil mengikuti gerakan pasukan dan berkedudukan serta berdaerah hukum di daerah pertempuran.
Kekuasaan Pengadilan Militer Pertempuran memeriksa dan memutus pada tingkat pertama dan terakhir perkara pidana yang dilakukan oleh mereka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 angka 1 di daerah pertempuran. Pengadilan Militer Pertempuran bersifat mobil mengikuti gerakan pasukan dan berkedudukan serta berdaerah hukum di daerah pertempuran.
3. Peradilan Tata
Usaha Negara
Peradilan Tata Usaha Negara diatur dalam Undang-Undang Nomor 5
Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara sebagaimana telah dirubah dengan
Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 5
Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara dan Undang-Undang Nomor 51 Tahun
2009 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang
Peradilan Tata Usaha Negara. Dalam undang-undang ini diatur susunan, kekuasaan,
hukum acara, dan kedudukan hakim serta tata kerja administrasi pada Pengadilan
Tata Usaha Negara dan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara. Kekuasaan kehakiman
di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara dilaksanakan oleh:
– Pengadilan Tata Usaha Negara;
– Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara.
– Pengadilan Tata Usaha Negara;
– Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara.
Pengadilan Tata
Usaha Negara merupakan Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tinggi Tata
Usaha Negara merupakan Pengadilan Tingkat Banding. Peradilan Tata Usaha Negara
sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman berpuncak ke Mahkamah Agung.
Pengadilan Tata
Usaha Negara berkedudukan di di ibukota kabupaten/kota dan daerah hukumnya
meliputi wilayah kabupaten/kota. Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara
berkedudukan di ibukota propinsi dan daerah hukumnya meliputi wilayah propinsi.
Pembentukan Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Tinggi Tata Usaha
Negara dilaksanakan secara bertahap dengan memperhatikan dan mempertimbangkan
berbagai faktor baik yang bersifat teknis maupun non teknis.
Kekuasaan dan kewenangan mengadili Pengadilan Tata Usaha Negara
adalah memeriksa, memutus, dan menyelesaikan sengketa Tata Usaha Negara di
tingkat pertama bagi rakyat pencari keadilan.
Sengketa Tata Usaha Negara adalah suatu sengketa yang timbul dalam bidang Tata Usaha Negara antara orang-orang atau badan hukum perdata dengan badan atau pejabat Tata Usaha Negara baik di pusat maupun di daerah, sebagai akibat dikeluarkannya Keputusan Tata Usaha Negara termasuk sengketa kepegawaian berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Sengketa Tata Usaha Negara adalah suatu sengketa yang timbul dalam bidang Tata Usaha Negara antara orang-orang atau badan hukum perdata dengan badan atau pejabat Tata Usaha Negara baik di pusat maupun di daerah, sebagai akibat dikeluarkannya Keputusan Tata Usaha Negara termasuk sengketa kepegawaian berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Yang termasuk
Keputusan Tata Usaha Negara adalah suatu penetapan tertulis yang dikeluarkan
oleh badan atau pejabat Tata Usaha Negara yang berisi tindakan hukum Tata Usaha
Negara yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang
bersifat kongkret, individual, dan final, yang menimbulkan akibat hukum bagi
seorang atau badan hukum perdata.
Tidak termasuk Keputusan Tata Usaha Negara menurut undang-undang ini adalah sebagai berikut.
a. Keputusan Tata Usaha Negara yang merupakan perbuatan hukum perdata.
b. Keputusan Tata Usaha Negara yang merupakan pengaturan yang bersifat umum.
c. Keputusan Tata Usaha Negara yang masih memerlukan persetujuan.
d. Keputusan Tata Usaha Negara yang dikeluarkan berdasarkan ketentuan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana atau peraturan perundang-undangan lain yang bersifat hukum pidana.
e. Keputusan Tata Usaha Negara yang dikeluarkan atas dasar hasil pemeriksaan Badan Peradilan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
f. Keputusan Tata Usaha Negara mengenai Tata Usaha Tentara Nasional Indonesia.
g. Keputusan Komisi Pemilihan Umum baik di pusat maupun di daerah mengenai hasil pemilihan umum.
Tidak termasuk Keputusan Tata Usaha Negara menurut undang-undang ini adalah sebagai berikut.
a. Keputusan Tata Usaha Negara yang merupakan perbuatan hukum perdata.
b. Keputusan Tata Usaha Negara yang merupakan pengaturan yang bersifat umum.
c. Keputusan Tata Usaha Negara yang masih memerlukan persetujuan.
d. Keputusan Tata Usaha Negara yang dikeluarkan berdasarkan ketentuan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana atau peraturan perundang-undangan lain yang bersifat hukum pidana.
e. Keputusan Tata Usaha Negara yang dikeluarkan atas dasar hasil pemeriksaan Badan Peradilan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
f. Keputusan Tata Usaha Negara mengenai Tata Usaha Tentara Nasional Indonesia.
g. Keputusan Komisi Pemilihan Umum baik di pusat maupun di daerah mengenai hasil pemilihan umum.
Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara merupakan Pengadilan Tingkat
Banding yang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara yang diputus
oleh Pengadilan Tata Usaha Negara dan merupakan Pengadilan Tingkat Pertama dan
Terakhir mengenai sengketa kewenangan mengadili antar Pengadilan Tata Usaha
Negara di daerah hukumnya. Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara juga berwenang
mengadili perkara pada tingkat pertama terhadap perkara yang telah digunakan
upaya administratif.
Pengadilan Tata
Usaha Negara tidak berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaian sengketa Tata
Usaha Negara tertentu dalam hal yang disengketakan itu dikeluarkan:
a. dalam waktu perang, keadaan bahaya, keadaan bencana alam, atau keadaan luar biasa yang membahayakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
b. dalam keadaan mendesak untuk kepentingan umum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
a. dalam waktu perang, keadaan bahaya, keadaan bencana alam, atau keadaan luar biasa yang membahayakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
b. dalam keadaan mendesak untuk kepentingan umum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
B. Mahkamah
Konstitusi
Mahkamah Konstitusi merupakan lembaga negara baru sebagai pelaksana
kekuasaan kehakiman di Indonesia. Wacana pembentukan Mahkamah Konstitusi
sebenarnya sudah ada pada saat pembahasan Undang-Undang Dasar di Badan
Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Prof Moh.
Yamin sebagai salah satu anggota BPUPKI telah mengemukakan pendapat bahwa
Mahkamah Agung perlu diberi kewenangan untuk membanding Undang-undang, namun
ide ini ditolak anggota lain yaitu Prof. R. Soepomo berdasarkan dua alasan,
yaitu Undang-Undang Dasasr yang disusun pada waktu itu tidak menganut Trias
Politica dan pada saat itu jumlah sarjana hukum belum banyak dan belum memiliki
pengalaman mengenai hal itu.
Pada saat pembahasan perubahan Undang-Undang Dasar 1945 muncul lagi
pendapat pentingnya Mahkamah Konstitusi karena adanya perubahan mendasar dengan
beralihnya supremasi Majelis Permusyawaratan Rakyat kepada supremasi hukum maka
perlu disediakan sebuah mekanisme institusional dan konstitusional serta
hadirnya lembaga negara yang mengatasi kemungkinan sengketa antarlembaga negara
yang mempunyai derajat yang sama serta saling mengimbangi dan saling
mengendalikan (checks and balances). Seiring dengan itu muncul desakan agar
tradisi pengujian peraturan perundang-undangan perlu ditingkatkan tidak hanya
sebatas pada peraturan di bawah Undang-Undang melainkan juga atas Undang-Undang
terhadap Undang-Undang Dasar. Kewenangan pengujian Undang-Undang terhadap
Undang-Undang Dasar diberikan kepada sebuah mahkamah tersendiri di luar
Mahkamah Agung.
Ide pembentukan
Mahkamah Konstitusi mendapat respon positif dan menjadi salah satu materi
perubahan Undang-Undang Dasar, akhirnya pembentukan Mahkamah Konstitusi menjadi
kenyataan dengan disahkannya Pasal 24 ayat (2), Pasal 24C dan Pasal III Aturan
Peralihan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang
menyatakan:
Pasal 24 ayat (2)
Pelaksana kekuasaan kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya dalam lingkungan Peradilan Umum, lingkungan Peradilan Agama, lingkungan Peradilan Militer, lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara, dan oleh sebuah Mahkamah Kounstitusi.
Pelaksana kekuasaan kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya dalam lingkungan Peradilan Umum, lingkungan Peradilan Agama, lingkungan Peradilan Militer, lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara, dan oleh sebuah Mahkamah Kounstitusi.
Pasal 24C
(1) Mahkamah Konstitusi berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar, memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar, memutus pembubaran partai politik, dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.
(2) Mahkamah Konstitusi wajib memberikan putusan atas pendapat Dewan Perwakilan Rakyat mengenai dugaan pelanggaran Presiden dan/atau Wakil Presiden menurut Undang-Undang Dasar.
(3) Mahkamah Konstitusi mempunyai sembilan orang anggota hakim konstitusi yang ditetapkan oleh Presiden, yang diajukan masing-masing tiga orang oleh Mahkamah Agung, tiga orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan tiga orang oleh Presiden.
(4) Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi dipilih dari dan oleh hakim konstitusi.
(5) Hakim konstitusi harus memiliki integritas dan kepribadian yang tidak tercela, adil, negarawan yang menguasai konstitusi dan ketatanegaraan, serta tidak merangkap sebagai pejabat negara.
(6) Pengangkatan dan pemberhentian hakim konstitusi, hukum acara serta ketentuan lainnya terhadap Mahkamah Konstitusi diatur dengan undang-undang.
(1) Mahkamah Konstitusi berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar, memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar, memutus pembubaran partai politik, dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.
(2) Mahkamah Konstitusi wajib memberikan putusan atas pendapat Dewan Perwakilan Rakyat mengenai dugaan pelanggaran Presiden dan/atau Wakil Presiden menurut Undang-Undang Dasar.
(3) Mahkamah Konstitusi mempunyai sembilan orang anggota hakim konstitusi yang ditetapkan oleh Presiden, yang diajukan masing-masing tiga orang oleh Mahkamah Agung, tiga orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan tiga orang oleh Presiden.
(4) Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi dipilih dari dan oleh hakim konstitusi.
(5) Hakim konstitusi harus memiliki integritas dan kepribadian yang tidak tercela, adil, negarawan yang menguasai konstitusi dan ketatanegaraan, serta tidak merangkap sebagai pejabat negara.
(6) Pengangkatan dan pemberhentian hakim konstitusi, hukum acara serta ketentuan lainnya terhadap Mahkamah Konstitusi diatur dengan undang-undang.
Pasal III Aturan
Peralihan
Mahkamah Konstitusi dibentuk selambat-lambatnya pada 17 Agustus 2003 dan sebelum dibentuk segala kewenangannya diakukan oleh Mahkamah Agung.
Mahkamah Konstitusi dibentuk selambat-lambatnya pada 17 Agustus 2003 dan sebelum dibentuk segala kewenangannya diakukan oleh Mahkamah Agung.
Atas perintah
Undang-Undang Dasar ini kemudian Pemerintah bersama-sama dengan Dewan
Perwakilan Rakyat membahas pembentukan undang-undang tentang Mahkamah
Konstitusi. Kemudian pada tanggal 13 Agustus 2003 disahkan dan diundangkan Undang-Undang
Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi. Dengan disahkannya
undang-undang ini maka kekuasaan kehakiman di Indonesia mengalami perubahan
sehingga peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang kekuasaan kehakiman
harus disesuaikan yang pada akhirnya disahkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2004
tentang Kekuasaan Kehakiman yang terakhir diganti dengan Undang-Undang Nomor 48
Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman.
Dalam Undang-Undang
Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi mengatur tentang kedudukan dan
susunan, sekretariat jenderal dan kepaniteraan, kekuasaan, pengangkatan dan
pemberhentian hakim, hukum acara di Mahkamah Konstitusi.
Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Mahkamah Konstitusi berkedudukan di ibukota negara Republik Indonesia.
Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Mahkamah Konstitusi berkedudukan di ibukota negara Republik Indonesia.
Mahkamah Konstitusi
berwenang mengadili:
a. menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
b. memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
c. memutus pembubaran partai politik; dan
d. memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.
a. menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
b. memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
c. memutus pembubaran partai politik; dan
d. memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.
Mahkamah Konstitusi wajib memberikan putusan atas pendapat DPR
bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden diduga telah melakukan pelanggaran hukum
berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat
lainnya, atau perbuatan tercela, dan/atau tidak lagi memenuhi syarat sebagai
Presiden dan/atau Wakil Presiden sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Pengertian
pengkhianatan terhadap negara adalah tindak pidana terhadap keamanan negara
sebagaimana diatur dalam undang-undang. Korupsi dan penyuapan adalah tindak
pidana korupsi atau penyuapan sebagaimana diatur dalam undang-undang, tindak
pidana berat lainnya adalah tindak pidana yang diancam pidana penjara 5 (lima)
tahun atau lebih. Perbuatan tercela adalah perbuatan yang dapat merendahkan
martabat presiden dan/atau wakil presiden. Tidak lagi memenuhi syarat presiden
dan/atau wakil presiden adalah syarat sebagaimana ditentukan dalam pasal 6
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Untuk kepentingan
pelaksanaan wewenang, Mahkamah Konstitusi berwenang memanggil pejabat negara,
pejabat pemerintah, atau warga masyarakat untuk memberikan keterangan.
Mahkamah Konstitusi mempunyai 9 (sembilan) orang anggota Hakim Konstitusi. Hakim konstitusi diajukan masing-masing 3 (tiga) orang oleh Mahkamah Agung, 3 (tiga) orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan 3 (tiga) orang oleh Presiden yang akan ditetapkan dengan Keputusan Presiden yang mempunyai masa jabatan 3 (tiga) tahun. Susunan Mahkamah Konstitusi terdiri atas seorang Ketua merangkap anggota, seorang wakil ketua merangkap anggota dan 7 (tujuh) orang angota hakim konstitusi.
Mahkamah Konstitusi mempunyai 9 (sembilan) orang anggota Hakim Konstitusi. Hakim konstitusi diajukan masing-masing 3 (tiga) orang oleh Mahkamah Agung, 3 (tiga) orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan 3 (tiga) orang oleh Presiden yang akan ditetapkan dengan Keputusan Presiden yang mempunyai masa jabatan 3 (tiga) tahun. Susunan Mahkamah Konstitusi terdiri atas seorang Ketua merangkap anggota, seorang wakil ketua merangkap anggota dan 7 (tujuh) orang angota hakim konstitusi.
Putusan Mahkamah Konstitusi bersifat final,
yaitu putusan Mahkamah Konstitusi memperoleh kekuatan hukum tetap sejak diucapkan
dalam sidang pleno yang terbuka untuk umum dan tidak ada upaya hukum yang dapat
ditempuh terhadap putusan tersebut.
Komentar
Posting Komentar